Tugas utama bank indonesia adalah mencapai dan memelihara kestabial nilai rupiah. Kestabilan ini maksudnya kestabilan nilai mata uang terhadap barang dan jasa, juga kestabilan nilai mata uang dengan mata uang negara lain. Hasil dari kinerja bank indonesia dapat dilihat dari nilai tukar rupiah terhadap mata uang negara lain.

Tugas bank indonesia antara lain adalah:

  1. Menetapkan dan Melaksanakan Kebijakan Moneter

Bank indonsia memiliki otonomi penuh dalam merumuskan dan melaksanakan setiap tugas dan wewenangnya. Sebagai bank sentral, Bank Indonesia mempunyai wewenang untuk memutuskan dan melaksanakan kebijakan moneter yang tepat. Kebijakan itu bisa berupa Open Market Operation, Discount Policy, Sanering, dan Selective Credit.

 

  1. Mengatur dan Menjaga Kelancaran Sistem Pembayaran

BI adalah lembaga yang mengatur dan menjaga kelancaran SPN. Sebagai otoritas moneter, bank sentral berhak menetapkan dan memberlakukan kebijakan SPN. Selain itu, BI juga memiliki kewenangan memeberikan persetujuan dan perizinan serta

melakukan pengawasan (oversight) atas SPN.

 

Berbekal kewenangan itu, BI pun menetapkan sejumlah kebijakan dari komponen SPN ini. Misalnya, alat pembayaran apa yang boleh dipergunakan di Indonesia. BI juga menentukan standar alat-alat pembayaran tadi serta pihak-pihak yang dapat menerbitkan dan/atau memproses alat-alat pembayaran tersebut. BI juga berhak menetapkan lembaga-lembaga yang dapat menyelenggarakan sistem pembayaran.

 

BI juga satu-satunya lembaga yang berhak mengeluarkan uang, mengedarkannya, mencabut, menarik dan memusnahkannya. Sebelum mengeluarkan uang BI harus membuat perencanaan agar uang yang dikeluarkan memiliki kualitas yang baik sehingga kepercayaan masyarakat tetap terjaga. Perencanaan yang dilakukan Bank Indonesia meliputi perencanaan pengeluaran emisi baru dengan mempertimbangkan tingkat pemalsuan, nilai intrinsik serta masa edar uang. Selain itu dilakukan pula perencanaan terhadap jumlah serta komposisi pecahan uang yang akan dicetak selama satu tahun kedepan. Berdasarkan perencanaan tersebut kemudian dilakukan pengadaan uang baik untuk pengeluaran uang emisi baru maupun pencetakan rutin terhadap uang emisi lama yang telah dikeluarkan.

Lebih lanjut, kegiatan pengelolaan uang Rupiah yang dilakukan Bank Indonesia adalah pencabutan uang terhadap suatu pecahan dengan tahun emisi tertentu yang tidak lagi berlaku sebagai alat pembayaran yang sah. Pencabutan uang dari peredaran dimaksudkan untuk mencegah dan meminimalisasi peredaran uang palsuserta menyederhanakan komposisi dan emisi pecahan.

 

Sementara itu untuk menjaga menjaga kualitas uang Rupiah dalam kondisi yang layak edar di masyarakat, Bank Indonesia melakukan kegiatan pemusnahan uang. Uang yang dimusnahkan tersebut adalah uang yang sudah dicabut dan ditarik dari peredaran, uang hasil cetak kurang sempurna dan uang yang sudah tidak layak edar. Kegiatan pemusnahan uang diatur melalui prosedur dan dilaksanakan oleh jasa pihak ketiga yang dengan pengawasan oleh tim Bank Indonesia (BI).

 

  1. Mengatur dan Mengawasi Bank

BI dalah lembaga yang memiliki kewenangan dalam mengatur dan mengawasi perbankan. BI memiliki kewenangan dalam menetapkan peraturan, memberikan dan mencabut izin tertentu dari bank, melaksanakan pengawasan atas bank, dan mengenakan sanksi terhadap bank sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

 

Berkaitan dengan kewenangan di bidang perizinan, selain memberikan dan mencabut izin usaha bank, Bank Indonesia juga dapat memberikan izin pembukaan, penutupan dan pemindahan kantor bank, memberikan persetujuan atas kepemilikan dan kepengurusan bank, serta memberikan izin kepada bank untuk menjalankan kegiatan-kegiatan usaha tertentu.

 

Tugas bank sebagai pengawas terbagi dalam pengwasan langsung dan tidak langsung. Pengawasan langsung adalah pemeriksaan kesehatan bank dalam secara berkala maupun wktu-waktu tertentu bila diperlukan. Pengawasn tidak langsung melalui analisis, penelitian dan evaluasi terhadap laporan yang disampaikan oleh bank.

 

Sumber

http://id.wikipedia.org/wiki/Bank_Indonesia

http://www.bi.go.id