SIDIK NUR FAJRI (29210760)

DANIEL DAMARIS (21210672)

 

ANALISIS JURNAL

International Competitiveness and Trade Promotion Policy from a Network Perspective

  1. Judul                             : International Competitiveness and Trade Promotion Policy from a Network Perspective

Pengarang                     : I. F. Wilkinson

Tahun                            :  February 2000

2. Tema                             : Daya saing perusahaan pada pasar global

3. Latar belakang

A. Fenomena            

Globalisasi yang terjadi berdampak pada berbagai sektor termasuk sektor ekonomi. Dalam perkonomian yang semakin global masa depan suatu negara bergantung pada daya saing perusahaan dan industri pada ruang lingkup yang lebih luas yaitu pasar global. Karena perusahaan dan industri merupakan tonggak perekonomian suatu negara. Daya saing perusahaan secara internasional dan kebijakan promosi perdagangan dianalisis berdasarkan perspektif hubungan perusahaan.  Untuk  bersaing dalam  keadaan dengan tingkat persaingan tinggi perusahaan harus memperkuat eksistensinya dengan menjalin kerja sama  dengan perusahaan lain.

   B.Riset Terdahulu

Penelitian ini untuk mencari peran manajemen dalam membentuk  kebijakan promosi perdagangan terhadap jaringan sebagai faktor dari penentu persaingan perusahaan secara internasional.

C. Motivasi Penelitian

Penelitian ini dibuat untuk menggambarkan seberapa besar peran jarinag perusahaan terhadap arus globalisasi. Agar perusahaan mampu bertahan dan bersaing bahkan memberikan kontribusi pada sektor ekonomi untuk masa depan negara tersebut.

4. Metodelogi

A. Data

Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa analisis dari penelitain terdahulu.

B. Variabel

Variable yang digunakan dalam penelitian ini adalah lokasi atau keberadaan perusahaan dalam suatu jaringan perdagangan internasional dan dimana lokasi jaringan perusahaan terfokus seperti pada jaringan perdagangan lokal atau internasional dan model persaingan suatu perusahaan.

  C. Model Penelitian

Metode penelitian yang digunakan pada penelitian tersebut berupa analisis dari penelitian-penelitian terdahulu sebagai teori dasar penelitian.

5. Hasil dan Analisis

Untuk meningkatkan daya siang internasional perusahaan dan membuat kebijakan promosi perdagangan dari segi jaringan diperlukan peran pemerintah dan perusahaan. Untuk meningkatkan dan menguatkan daya saing perusahaan dan industri. Yang penting untuk ikut serta dalam persaingan global kita harus menjaga hubungan personal dan bisnis baik dengan perusahaan pada sektor yang sama maupun tidak dan juga dengan perusahaan dalam satu negara atau negara luar. Dasar dalam membuat kebijakan untuk mengembangkan kemampuan dalam persaingan ada 2 hal yaitu lokasi dari bagian yang berbeda antara hubungan utama dan tambahan di pasar asing maupun domestik dan daya saing internasional, pengalaman pengetahuan dan koneksi yang ada di jaringan yang dihasilkan oleh kehadiran perusahaan asing.

Yang menjadi fokus utama dalam pengembangan jaringan adalah menciptakan sumber daya, menciptakan kemampuan dalam merespon segala perubahan yang terjadi. Pemerintah juga berperan dalam meningkatkan hubungan antar industri agar mampu bersaing dalam era global dengan membuat kebijakan yang tidak memihak pada suatu industri namun untuk meningkatkan pertumbuhan eksportir-eksportir potensial dalam jaringan industri. Diperlukan juga adanya komitmen bersama dalam suatu jaringan agar tetap memperoleh keuntungan bukan hanya untuk melakukan perjodohan perusahaan.

6. Kesimpulan dan Rekomendasi

A. Kesimpulan

Untuk bertahan pada era global perusahaan harus membentuk jaringan dengan perusahaan dan  industri baik dalam satu sektor usaha maupun berbeda dan membuat jaringan dengan perusahaan lokal maupun perusahaan asing.ini bertujuan untuk memperkuat eksistensinya dalam era perdagangan bebas. Perusahaan harus bekerja sama dengan pemerintah dalam membuat kebijakan yang menguntungkan kedua belah pihak. Pemerintah tidak perlu  secara langsung berperan dalam mengawal kegiatan ekonomi perusahaan. Pemerintah hanya perlu mengawasi dan membuat kebijakan yang berpihak pada perusahaan agar perusahaan mampu bertahan dan merespon segala perubahan yang terjadi. Yang menjadi fokus utama dalam menjalin hubungan dengan pihak lain bukan hanya untuk meningkatkan ekspor tetapi untuk menciptakan sumber daya yang mampu nbersaing dalma era global dan menciptakan perusahaan yang mampu merespon segala bentuk perubahan.

      B. Rekomendasi

Untuk membentuk suatu hubungan antar perusahaan baik perusahaan dalam sektor sejenis maupun dengan perusahaan luar negri pemerintah harus membuat kebijakan yang menjadi media kerjasama antar perusahaan. Pemerintah tidak mempersulit kerjasama yang akan terbangun antar perusahaan. Agar perusahaan mampu tumbuh,berkembang dan bertahan dalam era globalisasi, perusahaan juga harus memanfaatkan kebijakan yang dibuat pemerintah dengan meningkatkan potensi perusahaan agar mampu  menjadi eksportir potensial dan  membentuk kerjasama yang baik dengan perusahaan lain. Agar perusahaan mampu bersaing dalam pasar global.