Kurva penawaran adalah penggambaran dari hukum penawaran dimana hukum penawaran menyebutkan jika harga jual suatu barang tinggi maka jumlah barang yang ditawarkan akan lebih tinggi. Kurva penawaran dapat bergeser. Beberapa faktor yang menyebabkan kurva penawaran bergeser diantaranya adalah : harga sumber daya yang ada, teknologi, banyaknya penjual, perkiraan harga masa depan, pajak dan subsidi dan kebijakan pemerintah.

  • Harga sumberdaya yang ada

Contohnya adalah harga benang pembuat kain yang terjadi peningkatan namun produsen ingin menjual kain dengan tingkat harga yang sama,maka produsen akan membeli dengan kuantitas yang lebih sedikit sehingga jumlah kain yang di hasilkan akan berkurang pada tinkat harga yang sama,begirupun sebaliknya.

  • Teknologi

Teknologi yang semakin canggih akan membuat proses produksi menjadi lebih efisien sehingga biaya produksi akan turun. Biaya ini dapat digunakan untuk meningkatkan jumlah barang yang produksi.seperti industri textile yang suadah menggunakan mesin terbaru akan semakin meningkatkan kuntitas barang yang dihasilkannya. Penggunaan internet sebagai media promosi jg akan meningkatkan penawaran karena dapat menjual dengan cara online shoping. Sehingga kurva permintaan akan bergaser ke kanan.

  • Banyaknya penjual

Semakin banyaknya penjual atau produsen akan menyebabkan bertambahnya jumlah barang yang  ditawarkan dipasar, begitu jg terjadi bila jumlah pedagang turun maka kemungkinan akan terjadi penurunan jumlah barang di pasar.sehingga akan mengakibatkan pergeseran kurva penawaran.

  • Perkiraan harga di masa depan

Produsen akan memperkirakan kemungkinan kenaikan harga pada masa depan ataupun sebaliknya dalam menjual suatu barang. Apabila terjadi peningkatan di masa depan maka produsen akan meningkatkan jumlah barang yang akan dijualnya. Begitupun sebaliknya, bilamana terjadi penurunan,produsen akan mengurangi jumlah barang yang akan dijual.ini karena penjual ingin memperoleh keuntungan yang lebih besar di masa depan.

  • Pajak dan subsidi

Subsidi dan pajak yang diberikan pemerintah akan mempengaruhi tingkat barang yang akan di tawarkan. Bila nilai pajak meningkat maka jumlah barang yang di jual menurun, tetapi bila nilai pajak menurun produsen akan meningkatkan barang yang akan dijualnya. Begitupun dengan subsidi, subsidi yang diberikan pemerintah akan meningkatkan jumlah barang yang akan dijual.

  • Kebijakan Pemerintah

Kebijakan pemerintah akan menyebabkan pergeseran kurva penawaran.seperti kebijakan price floor maka kurva penawaran akan bergerak ke kanan,karena produsen berhak menentukan harga yang lebih tinggi sehingga produsen berasumsi akan mendapat keuntungan yang lebih besar,sehingga merekan akan meningkatkan jumlah barang yang ada di pasar.