Price ceiling

Price ceiling adalah kebijakan untuk mengontrol tingkat harga suatu barang agar tidak terlalu tinggi. Agar barang tersebut masih dapat terjangkau oleh masyarakat.

Berikut adalah gambar Price Ceiling

Mengapa price ceiling dapat menyebabkan shortage?

Price ceiling adalah kebijakan untuk menentukan harga suatu barang dibawah harga pasar. Sehingga akan meningkatkan permintaan, tetapi jumlah barang ditawarkan tidak dapat memenuhi tingkat permintaan tersebut. Selisih antara tingkat permintaan yang lebih tinggi dibanding tingkat penawaran inilah yang disebut dengan shortage atau surplus demand. Untuk mangatasi keadaan shortage ini pemerintah dapat melakukan kebijakan seperti operasi pasar,memberikan subsidi produsen,megurangi pajak dan impor barang agar jumlah barang meningkat dan permintaan dapat terpenuhi pada tingkat harga eceran terendah.

Price floor

Price floor adalah kebijakan menetapkan harga eceran terendah. Price floor bertujuan agar harga duatu narang tidak terlalu rendah.

Berikut gambar dari Price Floor

Mengapa price floor menyebabkan surplus?

Price floor adalah kebijakan menentukan harga diatas harga pasar, sehingga produsen akan menjual lebih banyak barang tetapi permintaan akan turun karena harga yang lebih tinggi dari harga pasar(hukum  permintaan). Sehingga akan terjadi selisih antara barang yang di supply dengan konsumsi di masyarakat.selisih inilah yang disebut surplus supply. Barang surplus yang terjadi dapat dibeli pemerintah atau diekspor.