Siklus kegiatan ekonomi dimulai dari kegiatan konsumsi masyarakat (surplus) dengan membelanjakan penghasilannya kepada produsen untuk memenuhi kebutuhannya. Lalu sebagai tanggungjawabnya menjadi warga negara penghasilannya digunakan juga untuk membayar pajak kepada pemerintah dan pajak dari masyarakat akan digunakan untuk subsidi. Masyarakat akan menyimpan uangnya di bank sebagai bentuk kegiatan investasi yang bertujuan untuk mendapatkan bunga dari bank.

Karena ada sejumlah uang yang terkumpul dalam bank,bank pun akan mengeluarkan fasilitas kredit untuk masyarakat (minus),ini bertujaun agar bang mendapatkan penghasilan dari suku bunga pinjaman yang akan bank gunakan untuk mambayarkan bunga para nasabah tabungannya.sehingga suku bunga pinjaman harus selalu lebih tinggi dari pada suku bunga tabungan.

Masyarakat(minus) akan mencari modal melalui 2 cara yaitu investasi dan kredit kepada bank.keadaan yang terjadi pada masyarakat(minus) akan menyebabkan pemerintah akan mengeluarkan kebijakan untuk menangani masalah pada masyarakat. Salah kebijakan pemerintah kepada masyarakat adalah dengan memberikan subsidi kepada masyarakat yang bertujuan agar masyarakat melakukan konsumsi kepada produsen.

Kebijakan pemerintah kepada produsen selah satunya adalah dengan memberikan subsidi langsung agar kinerja produsen akan meningkat sehingga akan meningkatkan investasi.Investasi yang dilakukan masyarakat(minus) kepada produsen akan meningkatkan kinerja produsen dalam memproduksi barang, dan penghasilan yang diterima produsen akan diberikan kepada masyarakat yang bekerja dalam bentuk upah atau gaji,sehingga masyarakat dapat melakukan konsumsi kembali.inilah yang disebut kebijakan fiskal yang dikeluarkan pemerintah.

Kebijakan pemerintah kepada bank disebut kebijakan moneter. Kebijakan ini mengatur kegiatanmasyarakat dari dari menabung dan masyarakat lain yang melakukan kredit.kebijakan fiskal juga memiliki fungsi untuk mengatur tingkat suku bunga pinjaman dan suku bunga tabungan.

Jadi siklus ekonomi adalah serangkaian kegiatan yang saling berhubungan.sehingga dituntut terjadi kerja sama antar pelaku-pelaku ekonomi agar kegiatan ekonomi berjalan serasi dan seimbang sehingga dapat meminimalisir masalah-masalah ekonomi.

mata kuliah teori ekonomi 1 – Dr. Prihantoro