Mengapa ada barang langka dan tidak langka???

Kegiatan ekonomi adalah kegiatan yang menjelaskan tentang mengelola sumber daya yang terbatas agar dapat memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas. Sumber daya adalah faktor produksi yang ada dan sudah tersedia di alam. Oleh karena itu diperlukan kegiatan ekonomi yang bertujuan untuk menggunakan sumber daya seefisien mungkin untuk memenuhi kebutuhan manusia.manusia haru s bijaksana dalam menentukan kebutuhannya dengen memper timbangkan sumber daya yang ada. Kelangkaan terjadi karena memang sumber daya tersebut jumlahnya terbatas dan tidak dapat di perbarui lagi atau permintaan lebih besar dibanding jumlah sumber daya yang tersedia. Sehingga diperlukan pengorbanan utuk barang langka.

Ada beberapa penyebab suatu barang dibilang langka,yaitu:

1. Siklus alam & bencana alam

Kelangkaan terjadi karena siklus alam membuat jumlah sumber daya tersebut brkurang atau bahkan hilang.seperti ketika musim kemarau akan terjadi kelangkaan air yang mengakibatkan pertanian beberapa daerah kekringan dan pertanian tidak berkembang sehinggaa tidak ada barang yang dihasilkan dan terjadi kelangkaan.

2. Keinginan manusia yang sulit terpenuhi

Manusia memiliki naluri yang tidak pernah puas yang akan mengakibatkan terjadinya penggunaan masala suatu barang secara besar-besran tetapi sumberdaya yang ada di pasar terbatas sehingga akan terjadi kelangkaan.

3. Sumber daya yang tidak dapat di perbaharui

Contohnya adalah barang tambang seperti emas,perak,yimah,batubara dan lain-lain.kelangkaan akan terjadi bila mana sumber daya yang ada di alam terus di gali tanpa melakukan inivasi untuk mengurangi jumlah pemakain,karena jumlah sumber dayanya yang terbatas.

Dalam ekonomi dikatakan ada barang yg ekonomis yaitu barang yang bilamana kita menginginkannya diperlukan sebuah usaha. Seperti pakaian,makanan,sembako,perhiasan. Barang2 ini dimungkinkan terjadinya kelangkaan karena sifatnya yang terbatas. Namun ada juga barang bebas yatiu barang yang hampir tidah diperlukan usaha dalam memperolehnya,seperti udara ini di karenakan sumber daya yang ada bejumlah banyak dan tak terbatas.

 

Apa yang diakomodir dalam ekonomi??

Dalam ekonomi dijelaskan mengenai tiga hal utama yaitu sumberdaya,kebutuhan  dan penglolaan.

Sumberdaya adalah nilai suatu unsur yang terdapat dalam kehidupan. Semberdaya ada yang bersifat terbatas ada yang tidak terbatas. Sumberdaya yang terbatas diperlukan usaha lebih untuk medapatkannya dibandingkan dengan sumber daya yang tidak terbatas. Sumberdaya ada yang bersifat diperbaharui dan yang tidak bisa di perbaharui. Untuk sumberdaya yang tidak dapat diperbaharui  kita harus bijaksana dalam menggunakannya agar tingkat kepuasan tetap tercapai tetapi tanpa menyebabkan tejadinya kelangaan.

Kebutuhan adalah sesuatu yang diperukan manusia agar tercapai tingkat kesejahteraannya. Kebutuhan dan keinginan memilik perbedaan yang tipis. Kebutuhan adalah sebuah keinginan tetapi keinginan belum tentu sebuah kebutuhan. Kebutuhan bila mana terpenuhi akan meningkatkan nilai kesejahteraan pemiliknya,tetapi keinginan bila mana tidak terpenuhi tidak meninulkan efek yang terlalu besar dalam kesejahtaraan seseorang

Terakhir adalah pengelolaan. Pengelolaan adalah kegiatan mengelola sumber daya yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Dengan pengelolaan yang baik serta efisien akan terpenuhi kebutuhan manusia.