Globalisasi adalah istilah yang berhubungan dengan  peningkatan keterkaitan dan ketergantungan antar bangsa dan antar manusia diseluruh dunia yang meliputi berbagai bidang,sehingga batas-batas Negara menjadi semakin kecil. Globalisasi bertujuan menper kecil batas wilayah agar terjadi kerjasama yang lebih efisien. Gloabalisasi seringkali dihubungkan dengan bangkitnya  ekonomi internasional. Karena tidak dapat dipungkiri tujuan utama globalisasi adalah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masing-masing negara dengan melakukan hubungan internasional untuk memperluas jangkauan pasarnya.

Ciri-ciri globalisasi

1. perubahan dalam Konstantin ruang dan waktu

Perkembangan barang-barang elektronik dan komunikasi menunjukan bahwa komunikasi global terjadi begitu cepat.

2. Pasar dan produksi ekonomi

Globalisasi menyebabkan negare-negara yang memiliki keunggualan yang berbeda akan saling bergantung sebagai akibat dari pertumbuhan perdagangan internasional.

3. meningkatnya interaksi kultural

Globalisasi akan menyebar melalui media masa yang bersifat lebih global sehingga akan didapatkan gagasan baru yang terdapat pada budaya di negara lain sehingga terjadi akulturasi budaya.

4. meningkatnya masalah bersama

Globalisasi akan meningkatkan masalah-masalah yang bersifat lebih luas pula.contoh seperti lingkungan hidup,multinasional,inflasi dan lain-lain

Globalisasi seperti sebuah koin yang memiliki dau sisi mata uang yang berbeda, globalisasi memiliki kebaikan dan keburukan pada perekonomian. Berikut penjelasan kebaikan dan keburukan dari globalisasi.

Kebaikan Globalisasi

1. produksi global dapat ditingkatkan

Spesialisasi dan perdagangan menyebabkan faktor-faktor produksi dapat digunakan secara efisien, dimana output dunia bertambah dan pendapatan masyarakat akan meningkat yang selanjutnya akan meningkatkan konsumsi dan tabungan.

2. Meningkatkan kemakmuran masyarakat dalam suatu negara

Perdaganagn global memungkinkan terjadinya ekspor dan impor,dimana ekspor akan meningkatkan pemasukan negara dan meningkatkan pendapatan masyrakat,dan impor menyebabkan barang yang dijual lebih bervariasi dan konsumen akan mendapati barang yang lebih baik dangan harga yang lebih rendah.

3. Dapat memperoleh modal yang  lebih baik

Modal dapat diperoleh dari investasi asing

Keburukan globalisasi ekonomi

1. Menghambat pertumbuhan sektor industri

Perkembangan sistem perdagangan luar negeri yang lebih bebas, menimbulkan hambatan kepada negara berkembang yang sektor industri domestiknya sulit untuk maju. Selain itu, ketergantungan terhadap industri-industri dari perusahaan multi nasional akan meningkat.

2. Memperburuk neraca pembayaran

Globalisasi cenderung meningkatkan impor, sehingga apabila negara itu tidak mampu bersaing maka ekspor tidak berkembang dan kedaan ini akan memperburuk kondisi neraca pembayaran. Ditambah lagi investasi asing yang terlalu besar akan menyebabkan aliran pembayaran keuntungan investasi ke luar negri akan meningkat.

3. sektor keuangan yang tidak stabil

Ini diakibatkan laju investasi yang yerlalu besar dari investor luar negeri. Bilamana harga-harga saham turun dana dalam negri akan mengalir keluar negeri dan akan membuat nilai mata uang domestic akan semakin merosot.

4. memperboruk prospek pertumbuhan ekonomi jangka panjang

Apa bila keburukan –keburukan di atas terjadi pada suatu negara, maka pertumbuhan ekonominya menjadi tidak stabil pada jangka pendek,dan pada jangka panjang akan memperlambat pertumbuhan ekonomi.sehingga akan menimbulkan maslah social-ekonomi pd negara tersebut.

Dampak positif globalisasi antara lain:

  • Mudah memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan
  • Mudah melakukan komunikasi
  • Cepat dalam bepergian (mobilitas tinggi)
  • Menumbuhkan sikap kosmopolitan dan toleran
  • Memacu untuk meningkatkan kualitas diri
  • Mudah memenuhi kebutuhan

Dampak negatif globalisasi antara lain:

  • Informasi yang tidak tersaring
  • Perilaku konsumtif
  • Membuat sikap menutup diri, berpikir sempit
  • Pemborosan pengeluaran dan meniru perilaku yang buruk
  • Mudah terpengaruh oleh hal yang berbau barat

Sumber

http://id.wikipedia.org/wiki/Globalisasi#Reaksi_masyarakat