Definisi pasar dan pemasaran

Pasar adaalah suatu tempat atau proses interaksi antara penjual dan pembeli sehingga dapat menetapka harga keseimbangan dan jumlah barangyang diperdagangkan. Pemasaran adalah Kegiatan untuk menjalankan bisnis guna memenuhi kebutuhan pasardengan barang dan atau jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.

Jenis- jenis pasar

  • Pasar konsumen

Sekelompok pembeli yang membeli barang untuk di konsumsi bukan untuk dijual kembali.

  • Pasar industri

Pasar yang terdiri individu dan lembaga atau organisasi yang membeli barang untuk dipakai lagi,baik lansung maupun tidak langsung, dalam memproduksi barang lain kemudian dijual

  • Pasar penjual

Individu dan organisasi yang membeli barang untuk dijual lagi atau disewakan untuk mendapatkan laba

  • Pasar pemerintah

Pasar dimana terdapat lembaga pemerintah,seperti: departemen, direktorat, kantor dinas dan instansi lain

Konsep-konsep inti pemasaran

  • Konsep produksi

Konsumen menyukai produk yang tersedia dimana saja dan selaras dengan kemampuan konsumen

  • Konsep produk

Konsumen menyukai produk yang bermutu dan memiliki banyak keistimawaan

  • Konsep penjualan

Konsumen akan memneli banyak produk, apabila perusahaan melakukan banyak promosi

  • Konsep pemasaran

Penenyuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran dan pemberian kepuasan secara lebihefektif dan efisisen dari yang dilakukan pesaing

Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi,penentuan harga,promosi dan distribusi ide-ide,barang-barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang saling memuaskan antara individu dan organisasi.

Bauran pemasaran

Bauran pemasaran adalah kombinasi dari empat kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan,yaitu:produksi, struktur harga kegatan promosi dan sistem distribusi.

Tujuan Sistem Pemasaran

  • Memaksimumkan Konsumsi

Yaitu memudahkan dan merangsang konsumsi maksimum,akhrinya menciptakan produksi, kesempatan kerja, dan kemekmuran maksimum

  • Memaksimumkan Kepuasan Konsumen

Tujuannya adalah memaksimumkan kepuasan konsumen bukan konsumsi.

  • Memaksimumkan Mutu Hidup

Diantarnya adalah kualitas, kuantitas, ketersediaan, dan harga pokok barang.

Pendekatan Dalam Mempelajari Pemasaran

  • Pendekatan Serba Fungsi

Dilihat dari apa saja kegiatan pokok pemasaran,yaitu: pembelian, pengangkutan,penjualan, penyimpanan, pembelanjaan dll.

  • Pendekatan Serba Lembaga

Dilihat dari lembaga yang terlibat dalam pemasaran, contoh: produsen, suplier, perantara dagang dsb

  • Pendekatan Serba Barang

Studi tentang bagai mana barang berpindah dari produsen ke konsumen akhir atau konsumen industri

  • Pendekatan Serba Manajemen

Dilihat dari pendapat manajer serta keputusan yang diambil

  • Pendekatan Serba Sistem

Menyangkut elemen-elemen yang luas dalam sistem pemasaran termasuk pendekatan serba fungsi, manajemen,produk, dan lembaga.

Sumber

http://www.slideshare.net/opexs/pemasaran

http://harisahmad.blogspot.com/2010/05/pengertian-dan-konsep-inti-pemasaran.html

http://moebarak.wordpress.com