Menurut Prof. Molengraff, perusahaan merupakan keseluruhan perbuatan yang dilakukan secara terus menerus, bertindak keluar untuk mendapatkan penghasilan dengan cara memperniagakan barang-barang, menyerahkan barang-barang, atau mengadakan perjanjian-perjanjian perdagangan. Di sini Molengraff memandang perusahaan dari sudut “ekonomi”. Tetapi menurut Polak, baru ada perusahaan bilamana diperlukan adanya perhitungan-perhitungan tentang laba-rugi yang dapat diperkirakan, dan segala sesuatu itu dicatat dalam pembukuan. Di sini Polak memandang perusahaan dari sudut “komersiil”. Sudut pandang ini adalah sama dengan Molengraff, tetapi unsur pengertian perusahaan adalah lain.

Tetapi saat ini pengertian perusahaan adalah suatu tempat untuk melakukan kegiatan proses produksi barang atau jasa. Untuk menghasilkan barang siap konsumsi, perusahaan memerlukan bahan – bahan dan faktor pendukung lainnya, seperti bahan baku, bahan pembantu, peralatan dan tenaga kerja. Untuk memperoleh bahan baku dan bahan pembantu serta tenaga kerja dikeluarkan sejumlah biaya yang disebut biaya produksi.

Jadi, Perusahaan merupakan kesatuan teknis yang bertujuan menghasilkan barang atau jasa. Perusahaan juga disebut tempat berlangsungnya proses produksi yang menggabungkan faktor – faktor produksi untuk menghasilkan barang dan jasa. Perusahaan merupakan alat dari badan usaha untuk mencapai tujuan yaitu mencari keuntungan. Orang atau lembaga yang melakukan usaha pada perusahaan disebut pengusaha, para pengusaha berusaha dibidang usaha yang beragam.

Lingkungan perusahaan adalah seluruh faktor intern dan ekstern yang mempengaruhi sebuah perusahaan. Karena keberhasilan sebuah perusahaan dipengaruhi oleh lingkungannya. Olehkarena itu peusahaan wajib menjaga hubungan dengan lingkungannya.

Secara garis besar lingkungan perusahaan terbagi atas 2 yaitu:

1.  Lingkungan umum                              2. Lingkungan khusus

  1. Politik                                                   A. Penyedia
  2. Hukum                                                 B. Pelanggan
  3. Sosial                                                    C. Pesaing
  4. Perekonomian                                   D. Teknologi
  5. Kebudayaan                                        E. Sosio-Politik
  6. Pendidikan
  7. Teknologi
  8. Demografi

Sumber: moebsmart.co.cc