Bisnis berasal dari kata inggris busy yang berarti sibuk,yang bisa diartikan sebagai sibuk mengerjakan aktivitas untuk memperoleh keuntungan. Atau dapat juga diartikan sebagai kegiatan perdagangan yang dilakukan secara individu maupun secara kelompok yang terorganisir untuk mencapai sebuah tujuan yaitu memperoleh laba sebesar-besarnya. Para pebisnis atau biasa disebut businessman untuk memperoleh laba sebesar-besarnya ialah dengan cara memproduksi dan menjual barang ataupun jasa agar dapat dinikmati oleh masyarakat. Dalam dunia bisnis selain memperoleh keuntungan atau laba ada juga resiko yang yang harus ditanggung orang yang berbisnis yaitu kerugian.

Dalam meproduksi suatu barang ada beberapa faktor yang berpengaruh dlm proses produksi diantaranya adalah:

  • Sumber Daya Alam(SDA)

Sumber Daya Alam atau yang biasa disebut bahan atau material ini adalah komponen utama dalam membuat suatu barang.bilamana kita ingin membuat suatu barang tetapi tidak ada baban-bahan pembuat maka sampai kapan pun barang tersebut tidak akan ada dan material ini biasa dimbil dari alam.

  • Sumber Daya Manusia(SDM)

Sumber Daya Manusia adalah orang yang mampu menggunakan kemempuannya dalam proses produksi agar proses produksi berjalan lancar.

  • Modal

Modal adalah sejumlah uang yang digunakan dalam kegiatan produksi agar kegiatan produksi berjalan lancar.

  • Kewirausahaan

Kewirausahaan adalah kemampuan seseorang dalam mengetahui keinginan pasar dan cara produksi yang baik.

 

Sebenarnya yang diperlukan indonesia dalam mengurangi jumlah pengangguran dan juga meningkatkan perekonomiannya saat ini bukan hanyalah lapangan kerja tetapi meningkatkan  kemampuan seseorang dalam melihat sebuah peluang usaha di indonesia. Atau dapat dikatakan juga meningkatkan kemampuan berbisnis atau berwirausaha di masyarakat. Sehingga perlu sejak dini diberikan pengetahuan dasar kepada para remaja baik mahasiswa maupun pelajar tentang ilmu bisnis agar dimasa depan mereka tidak hanya menggantungkan kehidupan mereka kepada orang lain tatapi mereka dapat mandiri bahkan memandirikan orang lain.

Saat ini kesempatan berbisnis sangatlah luas mulai dari bisnis dengan keuntungan yang  kecil maupun dengan keuntungan yang selangit. Dalam berbisnis tidaklah selalu memerlukan modal yag besar,kita juga bisa membuat usaha dengan hanya bermodalkan kemampuan yang kita miliki contoh usaha pijat refleksi,kita tidak perlu modal yang besar cukup ber modalkan kemampuan atau skill.

Sekali lagi yang terpenting dalam membuat sebuah usaha adalah kemampuan kita dalam melihat peluang yang terhampar luas di sekitar kita. Oleh karena itu kita perlu mempelajari dan menerapkan ilmu berbisnis dan berwirausaha,dan melatih kepekaan kita melihat peluang bisnis.